Diabetes, The Silent Killer

trit lama nih
terakhir post desember 2008
moga-moga membantu

gue sendiri juga baru tau (dikasih tau)
kebetulan salah satu sodara gue ada yg jadi Dokter yg kebetulan ngurusin masalah diabetes ini
dan kebetulan lagi, itu sodara gue termasuk Dokter yg lumayan terkenal di Jakarta (untuk urusan pasien diabetes)
jadi bisa di bilang, info ini didapat dari sumber yang sangat terpercaya deh

Nenek gue (Almarhum)
kemaren (bulan lalu) karena sakit diabetes (udah sampe level suntik insulin)
masuk ICU

dari situ gue di kasih tau cerita-cerita ni penyakit
en kebetulan cerita ini kejadian di nenek gue

kalo lu lu pada
ada keluarga lu or elu sendiri kena diabetes
ati-ati
jangan anggap remeh luka
mau sekecil apapun itu luka

cerita nya (yg kejadian di Nenek gue)
kaki (jempol) Nenek gue luka
kalo gak salah, gak sengaja kena tusuk jarum
asli itu luka sepele (buat orang normal)
luka kecil kek kegores, kepentok dan sebangsa nya

kalo kita (yg normal)
luka kecil kan bodo amat, tinggal cuci pake air ato kasih betadin ato di tensoplas ato kadang ada yg cuek bebek
besok-besok juga dah kering trus sembuh sendiri

kalo untuk orang yg kena diabetes
kena luka kecil, jangan anggap remeh deh
langsung obatin, kalo perlu langsung di bawa ke dokter
kalo perlu di kontrol luka nya

kejadian nenek gue seperti itu
di jempol kaki nya kena luka kecil, karena kita masih awam sama masalah ini
ya standart lah, kek luka-luka pada umumnya
di kasih betadin trus tensoplas
beres kan...?

ternyata itu luka jadi kering tapi gak sembuh-sembuh
yg di pikir, tensoplas kurang bagus en akhirnya di ganti pake perban pokoknya ada deh di apotik
lagi pula kita mikir nya itu luka di kaki
kaki di pake jalan = kotor
kotor = gak higienis

ternyata, emang bener luka di permukaan kering
alias sembuh (mirip mirip lah sama sembuh)
tapi...
di dalem luka nya terjadi pembusukan
karena tu luka gak bisa kering akibat faktor diabetes
gimana bisa begitu gue juga gak ngerti kenapa (gue bukan dokter sih)
alhasil...
ujung-ujung nya mau gak mau harus di amputasi, sebelum nyebar ke tempat lain nya

kata nya...
ciri-ciri nya
itu luka lama betul kagak sembuh-sembuh
lebih dari 4 hari, bahkan bisa itungan minggu/bulan
kalo pun kering, pinggiran nya seperti bernanah
dan makin lama, di daerah sekitar nya berubah warna
jadi lebih merah cenderung kehitaman

jadi ati-ati buat lu lu pada yg ada keluarga nya kena diabetes
jangan sampe kena luka
kalo kena luka jangan di anggap remeh
meskipun itu cuma luka setitik

jempol kaki nenek gue di amputasi gara-gara luka setitik

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online