2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online

blog strategi + manajemen

Sajian renyah tentang management skills + business strategy
Entries RSS | Comments RSS

* Home
*
* About Me
* Best Articles in this Blog
* Skedul Update
* Training Solutions
* Websites - My Other Webs

2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online

* Written by Yodhia Antariksa
* Posted May 30, 2011 at 12:00 am

Dengan jumlah pengguna internet yang kian meningkat pesat (sekitar 40 juta pada tahun 2012), maka online business merupakan salah satu sektor yang potensial untuk mekar dengan semerbak. Disitu terbentang sebuah peluang untuk mereguk sejumput rezeki yang berkelimpahan. Disitu ada setangkup harapan untuk menikmati profit yang terus mengalir tanpa henti.

Dan tentu saja ini : online business yang sukses bisa dijalankan hanya dari rumah. Sambil duduk leyeh-leyeh menikmati wedang jahe di serambi belakang rumah, kita bisa meraup omzet yang lumayan mak nyus. Tidakkah ini sebuah pemandangan yang indah, dibanding harus setiap pagi berangkat ke kantor, pulang petang atau malam, setelah grudak gruduk dihimpit kemacetan dan polusi yang kian tak tertahankan?

Ah, kalau saja begitu mudahnya menjalankan online business. Jangan khawatir sobat. Sebentar lagi akan dihidangkan dua rahasia besar dibalik keberhasilan menjalankan online business. Sebelum melanjutkan hidangan, monggo, silakan di-seruput dulu wedang jahe-nya.

Rahasia pertama untuk menjalankan bisnis online yang sukses mungkin bisa diringkas dalam tiga kata : trafik, trafik dan trafik. Banyak orang yang bersemangat membangun web store yang keren, lengkap dengan display produk yang jos markojos. Namun mereka lupa, tanpa trafik pengunjung yang memadai, web store itu ibarat rumah megah di tengah kuburan. Sunyi dan senyap.

Dan kabar buruknya adalah ini : membangun trafik pengunjung yang tinggi, alamak, susahnya minta ampun. Blog keren yang tengah Anda baca ini contohnya. Setelah empat tahun berjibaku, tiap minggu tanpa henti update tulisan bagus, toh jumlah pengunjung blog ini hanya 30 ribu/bulan (oke sudah lumayan tinggi; sebab banyak web store yang pengunjungnya cuma 2000-an/bulan. Namun target saya sebenarnya 300 ribu visitor/bulan. Sebab kalau target ini tercapai, saya bisa segera menjadi jutawan. I am not joking).

Ada dua cara untuk mendongrak trafik pengunjung. Cara pertama adalah cara alamiah. Maksudnya mencoba menarik pengunjung dengan konten informasi yang melimpah. Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing.

Mudah-mudahan dengan begitu akan ada banyak yang nge-link ke web kita, dan Google akan makin baik hati dengan isi/konten web kita yang melimpah. Selanjutnya, ribuan pengunjung akan dengan mudah menclok ke web store kita. Namun, cara alamiah ini sungguh butuh nafas yang panjang. Endurance. Dan kesabaran. Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.

Cara kedua untuk mendongkrak pengunjung tentu saja melalui iklan. Sebenarnya memasang iklan di Google atau Facebook cukup murah juga. Hanya Rp 200 per klik. Artinya setiap ada yang nge-klik iklan kita, maka kita kena biaya Rp 200 saja. Artinya kalau kalau kita pengin ada 100 klik/pengunjung per hari maka biayanya : 100 klik x Rp 200 = Rp 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan.

Pengalaman saya, memasang iklan di Google dan FB ini cukup efektif dalam mendatangkan calon pembeli (menurut saya, Google Adword lebih efektif dibanding iklan di FB). Dikombinasikan dengan konten yang teratur, maka trafik web store kita bisa pelan-pelan merayap naik.

Rahasi kedua untuk mendatangkan bisnis online yang sukses adalah ini : high conversion rate. Maksudnya berapa persen jumlah visitor yang menjelma menjadi pembeli. Dari sejumlah data e-commerce, rata-rata conversion rate bisnis online adalah antara 1% hingga 10%. Makin tinggi tentu makin bagus.

Dari data dan pengalaman yang ada, produk fashion (seperti busana, kaos, rok, baju) atau produk buku, obat-obatan herbal, cenderung memiliki conversion rate yang relatif lebih tinggi. Kategori produk yang pas, yang dikombinasikan dengan mutu produk yang bagus akan bisa membuat conversion rate yang tinggi.

Contohnya adalah web store bisniskaos.com yang menjual kaos dengan beragam desain aktual. Kategori jualan yang pas yakni produk kaos, digabung dengan aneka pilihan desain yang cukup menarik membuat web store ini memiliki conversion rate yang relatif tinggi, yakni antara 8 - 9%.

Demikianlah, dua faktor kunci yang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Yang pertama, trafik pengunjung. Dan yang kedua : high conversion rate. Kalau saja kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, maka kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.

Dan tentu saja sambil ditemani secangkir wedang jahe yang rasanya mak nyus. Sambil duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.
Filed under: Business STRATEGY

See also these interesting posts:

* Best Articles in this Blog
* Berjualan Kaos secara Online
* Toko Buku Gramedia vs. Amazon.com

* RSS feed for comments on this post
* TrackBack URI

29 Responses to this post

1. Ono Musfilar :

bisnis online adalah bisnis yang tidak boleh dilewatkan, dan sangat menggiurkan. kenapa demikian karena bisnis online mampu melibatkan ribuan orang dengan biaya murah sehingga calon pembeli terbuka lebar. selainitu online, tidak terikat waktu dan tempat.
.
intinya untuk sukses di bidang ini, kita harus memberikan konten yang unik dan sangat bermanffat bagi orang lain. perhatikan konten anda. dengan demikian pengunjung akan berdatangan.
saat pengunjung datang “semua jenis bisnis pasti jadi”

salam saya
Ono Musfilar
(Sang Penggapai Mimpi)
www.ono-musfilar.com
2. budi Yunianto :

Sip gan , mau tahu berapa transaksaksi online di tahun 2009 sembilan saya akan ulas untuk anda di blogku silakan kunjungi ya heheheheheh

Inpriring gan yodhia

See You The Top !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111111111111111111111
3. Bambang Halilintar :

Thanks atas ulasannya Mas Yodhia.
Ijin share ya Mas …

Kebetulan sy punya Agency Biro Haji & Umroh dan mulai 3 bulan terakhir mulai menggunakan internet sbg media pemasaran. Dan alhamdulillah, tidak disangka respon masyarakat begitu bagus meskipun sy msh pakai blog yg gratisan. Sebulan bisa menghasilkan transaksi rata2 sekitar US$20000 dr yg via online … sebuah tambahan transaksi yg lumayan utk media yg msh gratisan …
4. SEO Surabaya :

Client terbesar, dengan kemungkinan untuk membeli 70%, dari bisnis online adalah berasal dari Search Engine. Untuk itu mengapa para internet marketer berlomba untuk menaikkan rangking website mereka dengan berharap menjadi paling atas, rangking-1. Dengan begitu mempunyai kesempatan lebih besar untuk dikunjungi oleh calon client.
5. pakwandi :

endurance..itulah yang berat..sampai sekarang sekarang belum berhasil bikim web yang high traffic…sedikit konten asalahkan keyword nya tepat, maknyus juga hasilnya…
6. otty :

traffic generator yg paling heboh era 2000 an adalah kaskus, yang waktu itu perlu content dewasa untuk menarik netters

saat ini sdh ga ada lagi tapi kaskuser nya tetap membludak

no 2 … Detik, karena content news nya yg aktual
mula2 ga ada iklan2 menganggu ……. sekarang iklan nya melimpah

nice article om Yodhia
7. indrahuazu :

ask: apa bisnis online itu harus dalam bentuk online shop?
8. Yodhia Antariksa :

mas Bambang (2) kasus anda bagus dan luar biasa. Hanya dengan blog gratisan sudah generate USD 20 ribu. Jenis jasa yang Anda tawarkan kayaknya memang pas : banyak orang cari info umroh via google.

Kalau dikelola dengan sungguh-sungguh (dan niat ibadah), Insya Allah bisa generate 10 kali lipat.

Tuhan Maha Pemurah. Alhamdulilah. Barokah.
9. yohan :

Menarik sekali…saya malah lupa nyeruput wedang jahenya :)

saya masih awam, bagaimana cara melihat jumlah traffic web saya?

lalu kalo menurut Pak Yodhia, traffic 300 ribuan pengunjung itu bisa jadi jutawan, mekasnisme nya gimana Pak?

trims
10. Yodhia Antariksa :

Indra (5), ya tidak juga. Kalau blog Anda rame, bisa pasangin iklan, dapat income juga.

Atau juga bisa jadi reseller : melalui blog Anda, ikut membantu menjualkan produk orang lain dan Anda dapat komisi.

Apapun pilihannya, tetap yang paling penting ya TRAFIK.

Otty (4) : ya mungkin ndak bisa dibandingkan dengan kaskus atau detik (kan mereka kelas korporat). Kalau kelas individual/perorangan, dapat trafik 1,000/hari saja sudah lumayan bagus. Apalagi bisa 5 ribu/hari.

Saya kira 99% web dan blog di Indonesia trafiknya masih dibawah 1000 visitor/hari.

Kalau Detik, mungkin sekarang sudah 500 ribu/hari. Kaskus mungkin bisa tembus 1 juta pengunjung/hari. Makanya servernya suka kedodoran.

Tapi kalau web individual, trafik masih kecil, ndak apa. Visitor sedikit tapi kalau produknya pas, bisa dahsyat. Contohnya ya kasusnya mas Bambang diatas (komen no. 2).
11. otty :

om Yodhia, kaskus pada awalnya bukan korporasi

ada 2 orang pendiri nya, salah satu nya teman baik saya
waktu itu hanya untuk kumpul2 anggota community ………. sejak awal bukan korporasi hanya tempat kumpul2 buat lepas uneg2 aja

kalau contoh online shop diluar, strength mereka adalah services apapun jenis barangnya

after services minded ini yg harus kuat kalau mau survive berbisnis online, imho
12. Yodhia Antariksa :

Yohan (7) : kalau pakai web gratisan memang ndak kelihatannya ya. Kalau pake hosting berbayar, kita dapat statistik lengkap tentang jumlah pengunjung, jumlah artikel paling banyak di-klik, dan data lain yang lengkap. Untuk hosting berbayar, saya pakai http://www.andalan.net

Kalau trafik 300 ribu/bulan, Anda bisa pasang iklan, dan dapat fee banyak. Atau dengan tarfik seged gitu, Anda bisa jualan sepeda online(asyik juga ide ini) atau jualan parfum online; dan pasti laris manis. Sebab trafik gede sekali.
13. Galeri Bisnis Online :

Inilah saatnya memanfaat Internet. Dengan mengikuti jejak orang-orang yang telah memiliki bisni online atau situs website yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan memanfaatkan layanan internet. Selengkapnya http://galeribisnisonline.com
14. Cheap hotels in bali :

trafik, trafik,trafik, trafik,trafi 100x

hehehhe….
15. Tour Indonesia :

@otty

betul banget, saya juga berbisinis di kaskus, dan after sales service itu sangat perlu. Apalagi ketika ada produk baru, pasti ane tawarin kemereka dulu yang udah “PUAS” dengan layanan ane. Biasanya sih lebih mudah. Dan yang ga kalah penting juga adalah, reputasi yang sudah dibangun jagnan sampe rusak, karena reputasi untuk jualan online itu Mutlak, ga boleh engga, karena dasar dari bisnis ini dalah KEPERCAYAAN. thanks
16. Billy Koesoemadinata :

tapi, kalo bisnis online yang menjual jasa, lebih sulit ketimbang yang menjual produk..
17. putrasemeru :

Saya suka yang ini pak:
“Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.”

Intinya “Kerja Keras”, untuk mendatangkan trafic. Dan ini kompetisinya sangat tinggi di internet…
akhirnya bisa lihat “high conversion rate”.

Yang terakhir Sambil “duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.” ini belum terlaksana pak :-) …masih duduk aja di depan komputer.

Terima kasih memberi ide…untuk mendatangkan trafic trafic trafic…moga moga aja ngak macet seperti di Jakarta :-D

have nice day
18. abahteddy :

Betul, setuju sekali apa yang di katakan bro Yodhia “Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing..”
Yang mau saya tanyakan bagaimana apabila update content berkala kita di Social Networking seperti FB agar tidak dianggap sampah ato spam? sementara update produk kita hampir tiap jam ada produk masuk ke gudang yang seharusnya kita publish di situs tersebut… thks
19. Begras Satria :

pak bagaimana caranya kita bisa menjalankan pemasaran secara konvensional dan online secara beriringan, dengan tetap optimal hasilnya di kedua metode itu? terima kasih pencerahannya.
20. Fredy :

Thanks for sharing pak Yodhia.
Traffic is the king, saatnya meningkatkan traffic nih.
21. febri :

di tambah sedikit resep rahasia

“keberuntungan”
22. Supriyomo :

terima kasih.. tapi dengan 300 ribu pengunjung dari blog ini, dari mana anda menjadi jutawan?
23. bawor :

dan jangan malas .. kyk sy :) gk bsa fokus, kbnykn ide en yg diurusin tenaga kurang sdkt action slow motion, kbnykn leyeh d rmh maklum sdh Over Sex .. et (>50 thn)MERDEKA en msh ttp merasa Muda .. sdh coba bbrp toko Online gratisan lmyn ada respon deal 1-2 .. utk sgr maju fokus sy hrs membuat dri sy kejepit byar mecotot-njendol kyk bawor :)

Tks info strateginya Boz
24. yulius :

Waw….., terima kasih gan, infonya, luar biasa sangat membuka cakrawalku selama ini, ternyata bisnis di dunia maya perlu untuk masa depan,
Thanks gan artikelnya, two thumbs up
25. Yodhia Antariksa :

Abah (15) update-nya ya satu hari dua kali saja; kalau tiap jam nanti too much.

Begras (16) : pemasaran online mungkin bisa dengan cara pasang iklan di Google Adword. Efektif dalam menjaring calon pembeli. Dan relatif murah.
26. Ahmad :

Semoga Alloh memberikan kesejahteraan dunia akherat pada kita semua.
Semoga Alloh memberikan kita kebaikan hati untuk bersedekah.
Semoga Alloh senantiasa menganugerahkan kita sikap sederhana.

“Hak bagi umatku adalah apa yang ia makan kemudian habis. Apa yang ia kenakan kemudian rusak.” Nabi saw
“Ada dua nikmat dimana manusia banyak tertipu karenanya, yaitu kesehatan dan kesempatan.” Nabi saw
27. indiraharjo :

intinya ketekunan, dimanapun anda berada, thks maju terus
28. andhika ahmad :

Untuk mendapatkan trafik memang tidak mudah, apalagi blog kita gratisan (kita?? saya aja kali ya,hehehe) mungkin brapa pengunjung blum bs di dteksi, tp kalau untuk melihat siapa yang pernah brkunjung di blog kita kn bs pake FEEDjit live traffic yg gratis, Bagaimana Pendapat Pak yodhia?
29. indra zudin :

ahmad (26) : Amiin. Barakallohu fiik

Ternyata diam-diam mas Yodhia menyimpan ilmu terpendamnya, internet marketing. informasi yang sangat menarik.

Leave a comment

Name (required)

Email Address (required)

Website

XHTML: You can use these tags:


Man Behind the Blog
yodhia-close8.jpg Pengelola blog ini adalah Yodhia Antariksa, msc in hr management.

Di-update tiap Senin pagi, blog ini menghidangkan sajian mak nyus tentang strategi bisnis, karir, dan management skills.
Categories

* Business STRATEGY
* Human CAPITAL
* Management BOOKS
* Management SKILLS
* Powerpoint PRESENTATION
* Zona ADVERTORIAL

Recent Posts

* 2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online
* 3 Cara Ampuh untuk Merajut Peak Performance
* Top Ten Global Economic Superpower
* Ranking Perusahaan Paling Inovatif 2011
* Discovering True Happiness in Your Life

Knowledge Should Be Free
buku-gratis-copy.jpg blog-di-fb-biru.jpg best-articles.jpg impossible-is-nothing.jpg seragam-batik.jpg

This blog copyright © 2008 blog strategi + manajemen. All Rights Reserved.
ModXBlog theme by Dreamweaver

Komentar

  1. mantabs sekali pak! terima kasih atas infonya. ditunggu juga kunjungan baliknya : BROKER FOREX INDONESIA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Buku Strategi Terbaik Sepanjang Masa