Inilah Panduan Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

TEL AVIV - Meskipun data mengenai radiasi di ponsel belum terbukti tapi pihak kedokteran Israel sudah mulai melakukan antisipasi, dengan mengeluarkan panduan penggunaan ponsel yang baik.

Panduan ini telah mendapat restu dari menteri kesehatan Israel untuk dipublikasikan kepada masyarakat di negara tersebut. Bahkan panduan ini wajib dijalankan bagi pengguna seluler di kalangan anak-anak dikarenakan kondisi otak mereka yang masih dalam masa pertumbuhan dan sangat rentan terkena radiasi yang ditimbulkan oleh sinyak seluler.

Dalam selebaran tersebut, para pengguna seluler diharapkan untuk mulai memperhatikan penggunaan ponselnya. Baik dengan cara menggunakan handsfree setiap kali menerima panggilan atau dengan cara tidak terlalu mendekatkan perangkat tersebut dengan erat ke telinga. Selain itu, para pengguna seluler dianjurkan untuk mengurangi kuantitas penggunaan ponsel dan mengurangi durasi percakapan saat menerima panggilan.

Draft penduan ini dibuat oleh Dr Siegal Sadetzki yang merupakan kepala Gertner Institute jurusan epidemologi dan pembuat peraturan kesehatan di rumah sakit Sheba Medical Center, di Tel Hashomer, Israel.

"Meskipun informasi mengenai adanya radiasi ponsel belum banyak terbukti namun antisipasi tersebut harus kita mulai dari sekarang. Banyak orang yang mengetahui kabar mengenai radiasi ini namun mereka tetap menggunakannya seolah-olah tidak peduli. Panduan ini pun kami keluarkan agar para pengguna ponsel dapat menggunakan perangkat mereka dengan baik," ujar Sadetzki, seperti dikutip melalui Cellular News, Jumat (1/8/2008).

Sebelumnya, Dr Sadetzki dikabarkan telah menemukan keterlibatan penggunaan ponsel dengan munculnya tumor di dalam otak. Penelitiannya ini merupakan sebuah bagian dari Interphone Study International dan temuannya ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemology.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online

5 Buku Strategi Terbaik Sepanjang Masa